Tujuan Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli, Bukan Penguasaan Materi

Home Informasi Tujuan Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli, Bukan Penguasaan Materi
007966400_1617854397-pexels-karolina-grabowska-4386324

Matematika merupakan pelajaran yang berkaitan dengan angka, simbol, dan perhitungan. Matematika wajib ada di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah akhir. Tujuan pembelajaran matematika, yakni berfikir kritis, logis, dan cermat.

Matematika adalah salah satu media bagi siswa sekolah mampu mencapai kompetensi. Ini mengapa tujuan pembelajaran matematika bukan menguasai materi, tetapi mampu membuat siswa memiliki pola pikir lebih terkonsep, menguasai nalar, dan sanggup menentukan pemecahan sebuah masalah yang ada di kehidupan sehari-hari.

Hasil penelitian menunjukkan anak dengan kemampuan matematika yang baik mempunyai wilayah otak dengan volume abu-abu yang lebih besar. Wilayah otak ini biasanya dibutuhkan dalam berbagai tugas kognitif yang melibatkan pengamatan visual dan pengambilan keputusan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang tujuan pembelajaran matematika menurut para ahli dari berbagai sumber, Selasa (14/9/2021).

  1. Konsep Matematika

Tujuan pembelajaran matematika adalah memahami konsep matematika, mendeskripsikan bagaimana keterkaitan antar konsep matematika dan menerapkan konsep atau logaritma secara efisien, luwes, akurat, dan tepat dalam memecahkan masalah.

  1. Menalar Pola

Tujuan pembelajaran matematika adalah menalar pola sifat dari matemematika, mengembangkan atau memanipulasi matematika dalam menyusun argumen, merumuskanbukti, atau mendeskripsikan argumen dan pernyataan matematika.

  1. Memecahkan Masalah

Tujuan pembelajaran matematika adalah memecahkan masalah matematika yang meliputi kemampuan memahami masalah, menyusun model penyelesaian matematika, menyelesaikan model matematika, dan memberi solusi yang tepat.

  1. Mengomunikasikan Gagasan

Tujuan pembelajaran matematika adalah mengomunikasikan argumen atau gagasan dengan diagram, tabel, simbol, atau media lainnya agar dapat memperjelas permasalahan atau keadaan.

Search

Statistic Pengunjung

User Online : 0
Visitor Today : 4
Visit Today : 7
Total Visitor : 2196
Total Visit :5945